Harlah NU Ke-87 di Alon-alon Jombang

Ratusan Kader NU Gelar Apel Kesetiaan



Jum'at, 08 Februari 2013 20:33:23 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono

Jombang (beritajatim.com) - Ratusan kader NU (Nahdlatul Ulama) Jombang menggelar apel kesetiaan untuk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) di alun-alun setempat, Jumat (8/2/2013) sore. Hal itu sekaligus untuk memperingati Harlah NU ke-87.

Apel kesetiaan itu diikuti oleh seluruh Banom (Badan Otonom) NU. Mereka adalah Banser Ansor, IPNU-IPPNU, Pagar Nusa, Fatayat, serta LP Maarif. Acara semakin meriah dengan tampilnya kesenian barongsai.

Ketua PC NU, KH Isrofil Amar, mengatakan, apel komando tersebut untuk menunjukkan kesetiaan warga NU terhadap NKRI. Sebab, NKRI adalah harga mati bagi kaum nahdliyin. "Siapapun, baik dari perorangan maupun kelompok, yang merongrong NKRI, akan berhadapan dengan  NU," ujarnya menjelaskan.

Isrofil mengungkapkan, ada empat hal yang harus dilakukan dan ditaati setiap warga NU. Diantaranya adalah menjalankan empat pilar bangsa Indonesia. "Bendera kita merah putih. Sekali lagi, siapapun, dari kelompok manapun jangan coba-coba merongrong NKRI, kalau ada yang merongrong pasti berhadapan dengan NU," katanya menegaskan.

Lebih jauh, Ketua PCNU selama dua periode ini meminta seluruh kader NU mulai Ansor, Banser, Fatayat Muslimat, LP Maarif, Pagar Nusa harus berani  melakukan amar makruf nahi mungkar. Alasannya, saat sekarang ini banyak berbuatan yang mungkar serta melanggar hukum. "Kita harus berani melakukan amar ma'ruf nahi munkar," teriaknya yang disambut tepuk riuh peserta apel.

Selain Ketua PCNU, apel komando tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat. Diantaranya, Sekdakab Munif Kusnan, Komandan Kodim 0814, Wakapolres, dan jajaran Gugus Pramuka dibawah naungan LP Maarif.
Usai gelar apel, Ketua Cabang NU memberikan dua gergaji mesin kepada Banser Tanggap Bencana. [suf/but]