Berita Pagar Nusa Gudo Ziarah Ramadlan di Berita21.com

Pendekar Pagar Nusa Ziarah Ke Makan Para Ulama’ NU

Written by | 07/07/2013 |
Para pendekar NU - (Nif)
  
JOMBANG, Berita21.com – Calon pendekar pencak silat NU (Nahdlatul Umala) Pagar Nusa kecamatan Gudo, Jombang berdo’a dan berziarah ke makam para ulama’ yang berada di
Kabupaten Jombang, Sabtu (06/07).
Bukan hanya olah fisik yang diajarkan kepada mereka, namun ilmu rohani pun juga diterapkan kepada puluhan pesilat Pagar Nusa tersebut.

Dengan didampingi kiyai dan ketua Pagar Nusa Gudo, Dimas Cokro Pamungkas, S.Pd (Gus Dimas) mereka berziarah ke makam KH. Abdurramham Wahid (Gus Dur) yang berada di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.
“Calon pendekar Pagar Nusa ini tidak hanya kami latih olah fisik yang selama ini dilakukan 3 kali dalam seminggu, namun kita juga mengisi rohani mereka,” tutur Dimas.
"Meskipun ilmu rohani juga diterapkan rutin, namun kali ini merupakan momentum yang tepat karena dilaksanakan sebelum Ramadlan dan untuk menjaga tradisi NU".
Dimas juga menambahkan, hal ini bisa membuat mereka siap untuk menjadi seperti yang disemboyankan yaitu menjadi pagar para ulama’ dan bangsa. “Saya juga berharap, dengan mengisi rohani menjelang bulan ramadlan ini mereka bisa menjadi pendekar yang santun, rendah hati dan agamis,” tambahnya.
Setelah selesai berziarah di makam Gus Dur, mereka melanjutkan ziarah ke makam para ulama’ NU lainnya.

(Nif)