Sopir Bus Asal Jombang Diamuk Massa!

Sebelum Tabrak Bidan, Bus Pahala Kencana Ugal-Ugalan
 
Selasa, 27 November 2012 07:13:23 WIB
Reporter : M Muthohar

Tuban - Kasus kecelakaan bus Pahala Kencana yang menewaskan seorang Bidan muda yang berbuntut pengrusakan bus, dipicu  kekesalan warga terhadap bus malam jurusan Surabaya-Jakarta yang dinilai berjalan ugal-ugalan.

Dari keterangan sejumlah warga, meski melewati kawasan perkampungan nelayan, bus Pahala Kencana masih melaju dengan kecepatan tinggi.

"Tadi saya liha,t sebelum menabrak bidan itu busnya memang berjalan kencang sekali. Tahu-tahu kemudian langsung menabrak bidan itu. Makanya ini warga sangat marah, karena jalannya ugal-ugalan," ujar salah satu warga yang saat itu di lokasi kejadian.

Warga yang marah tersebut langsung menyerang dan menghantami bus Pahala Kencana itu dengan menggunakan batu bata hingga mengalami kerusakan parah di seluruh bagian kacanya. Tak hanya itu massa juga nyaris membakar bus tersebut, beruntung berhasil diredam oleh petugas kepolisian yang datang di tempat kejadian perkara.

Sebelum terjadi amuk massa terhadap bus malam itu, massa meminta  puluhan penumpang yang akan pergi ke Jakarta terlebih dahulu disuruh keluar dari bus. Penumpang dipersilakan membawa barang-barangnya. Karena itu tidak ada penumpang yang terluka.

"Para penumpang kemudian langsung kita evakuasi dan kita bawa ke Mapolsek Tambakboyo untuk menunggu angkutan pengantinya. Dan semua penumpang dalam keadaan selamat," tegas Kompol Kuwadi, Waka Polres Tuban.

Sementara itu, setelah sempat kabur akhirnya Marianus (43), pengemudi dari
Bus Pahala Kencana nopol B 7908 JZ yang dirusak ratusan massa tersebut langsung menyerahkan diri ke Mapolres Tuban. Pengemudi asal Kabupaten Jombang tersebut kabur lantaran takut ikut menjadi korban amuk massa.

Saat ini pengemudi bus tersebut sudah diamankan untuk dimintai keterangan atas kejadian kecelakaan maut itu. Sejumlah anggota dari unit Laka Sat Lantas Polres Tuban juga telah melakukan olah TKP untuk mengetahui kejadian pasti dalam kecelakaan itu.(Mut)