Infaq di Makam Gus Dur Jombang untuk Santuni 600 Fakir Miskin

Infaq di Makam Gus Dur Jombang untuk Santuni 600 Fakir Miskin
Senin, 06 Agustus 2012 19:07:43 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono

Jombang (beritajatim.com) - Sebanyak 600 fakir miskin dan anak yatim mendapatkan santunan dari LSPT (Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng), Senin (6/8/2012). Selain dari donatur, dana santunan itu berasal dari kotak infaq yang ada di makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.
Penyerahan santunan yang melibatkan 600 orang itu digelar di Masjid Ulul Albab Tebuireng. Sembari menunggu datangnya waktu berbuka, penyerahan itu secara simbolis itu dilakukan oleh istri pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang, Hj Nyai Farida Salahuddin Wahid.
Direktur LSPT, Agus Maulana, mengatakan, acara santunan yang ia gelar merupakan tahun ke-empat. Untuk puasa kali ini LSPT memberikan santunan untuk 600 fakir miskin dan anak yatim. Setiap orang mendapatkan uang tunai Rp 100 ribu dan bingkisan sembako senilai Rp 100 ribu. "Ini sekaligus untuk membantu warga kurang mampu," kata Agus dihadapan ratusan hadirin.
Dia menambahkan, anggaran santunan itu berasal dari kotak amal di makam Gus Dur. Selain itu juga dari donatur yang ada di LSPT. Agus kemudian merinci, untuk bulan Juni infaq makan Gus Dur terkumpul Rp 59 juta. Kemudian pada bulan Mei perolehan kotak infaq tersebut mencapai Rp 70 juta. Uang tersebut selanjutnya dikelola LSPT dan dibagikan untuk fakir miskin serta anak yatim.
"Santunan kali ini menelan dana Rp 150 juta. Itu termasuk santunan dan operasional. Sekali lagi, dananya dari donatur dan kotak infaq makam Gus Dur yang dikelola LSPT. Alhamdulillah, ini sudah tahun ke empat," tambah Agus.
Atas santunan itu, Agus mengucapkan terima kasih untuk para peziarah makam tokoh pluralisme yang telah memberikan jariyah. "Bukan hanya bulan puasa. Pada bulan-bulan sebelumnya, kita juga memberikan bantuan untuk fakir miskin dan anak yatim," pungkas Agus di sela acara. [suf/kun]