Komplotan Maling dari Mojowarno Jombang Digulung

Komplotan Maling Spesialis Rumah Kosong Digulung

Tribunnews.com - Kamis, 2 Agustus 2012 13:51 WIB
Share this

Komplotan Maling Spesialis Rumah Kosong Digulung
surya/cornelius vrian
Komplotan maling rumah kosong diamankan Polisi
TRIBUNNEWS.COM,KEDIRI- Polres Kediri berhasil menggulung komplotan pencuri spesialis rumah kosong, Kamis (2/8/2012). Sebanyak dua anggota komplotan berhasil ditangkap.
Petugas juga menyita barang bukti, berupa hasil kejahatan serta peralatan yang digunakan untuk menjalankan aksi.
Kedua tersangka yang berhasil ditangkap yakni Khairudin Yusuf (26) dan Nanang Khosim (25), keduanya warga Mojowarno, Jombang.
Mereka berhasil diringkus saat tim buser Polres Kediri menggerebek persembunyian mereka di Surabaya. Dalam penggerebekan itu, polisi menyita barang bukti, diantaranya senjata tajam berupa celurit dan pisau penghabisan, kunci T, linggis, plat nomor, 10 STNK dan BPKB serta uang hasil kejahatan.
Kapolres Kediri, AKBP RH Kasero Manggolo mengatakan, komplotan ini selalu mengincar rumah kosong yang ditinggal pergi pemiliknya.
Biasanya mereka beraksi di malam hari dengan cara merusak pintu atau jendela.
Senjata tajam yang digunakan dipakai mereka untuk melakukan perlawanan jika aksinya kepergok.
Saat ini, polisi baru menemukan bukti aksi mereka di tiga tempat di Kabupaten Kediri, yakni di dua TKP di Pare dan satu di Puncu. Namun ditengarai, komplotan ini tidak hanya beraksi di Kediri, melainkan juga di sejumlah daerah lain di Jawa Timur.
"Kami masih mengembangkan kasus ini karena masih ada tersangka lain yang belum tertangkap," ujar Kapolres.
Sementara itu, Khairudin, seorang tersangka mengaku baru sebulan menjalankan aksinya. Selain di Kediri, dia mengaku pernah menyatroni rumah kosong di Sidoarjo. Selama menjalankan aksi kejahatan, dia mengaku meraup hasil hingga puluhan juta rupiah.
"Saya baru sebulan ikut kelompok ini," kelitnya.