Mahasiswa Jombang Kutuk Invasi Israel atas Jalur Gaza

Selasa, 20 November 2012 19:37 WIB

Mahasiswa Jombang Kutuk Invasi Israel atas Jalur Gaza
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Dua orang relawan dari Indonesia Tanpa Jil Chapter Bandung menggalang dana dari masyarakat di kawasan Car Free Day (CFD) Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Minggu (18/11). Aksi solidaritas Indonesia For Gaza ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, dan hasilnya akan disumbangkan untuk warga Palestina di jalur Gaza yang menjadi korban serangan Israel. (Tribun Jabar/Gani Kurniawan) 
Laporan Wartawan Surya, Sutono
JOMBANG – Aksi keprihatinan terhadap serangan Israel yang membabi buta terhadap jalur Gaza, Palestina, menjalar ke Jombang. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa peduli Gaza menggelar solidaritas, Selasa (20/11/2012).
  
Selain membagi selebaran, dalam aksi yang dimulai dari perempatan Pujasera Kebonrojo hingga gedung DPRD itu, para aktivis juga menggalang dana untuk para korban penyerbuan Israel di wilayah Gaza.
  
“Uang yang terkumpul akan kami salurkan ke wilayah Gaza melalui KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina) Jakarta,” kata Halib Budiman, korlap aksi.
  
Aksi yang tersebut diikuti dua elemen. Yakni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (LDSK) Jombang.
  
Para mahasiswa memulai aksinya dengan berorasi di perempatan Pujasera Kebonrojo. Sembari berorasi, beberapa mahasiswa menampung donasi dari pengguna jalan di sudut-sudut perempatan menggunakan kardus.
  
“Kami mengutuk invasi Israel ke jalur Gaza, yang merupakan wilayah Negara Palestina merdeka,” tegas Halib. Selain itu, dalam orasinya, dia juga mendesak PBB mengambil langkah tegas guna menghentikan serangan Israel.
  
Usai orasi di perempatan Pujasera Kebonrojo, mereka kemudian bergeser ke depan Pemkab Jombang dan depan DPRD setempat. Di dua tempat iotu, mereka juga melakukan hal serupa, orasi mengutuk Israel dan menghimpun dana untuk korban invasi Israel di Gaza.